Atap pada rumah memiliki peranan yang sangat penting dimana fungsinya untuk melindungi sisi rumah dari berbagai macam gangguan seperti cuaca panas, hujan ataupun angin. Maka dari itu, sebuah atap bangunan yang Anda pilih harus kokoh, kuat dan juga tahan lama untuk dikatakan sebagai atap yang berkualitas. Sebab mampu menahan berbagai macam kondisi cuaca atau iklim yang menjadi sebuah pertimbangan penting dalam merancang sebuah konstruksi atap ataupun bangunan. Mengacu pada berbagai macam cuaca atau iklim, cara merangkai baja ringan yang baik ditentukan oleh tiga factor, yaitu jenis material, bentuk dan ukuran serta teknik pengerjaannya.

Bentuk dan ukuran
Angin merupakan salah satu faktor yang penting diperhitungkan untuk menjamin atap bangunan Anda kuat dan kokoh. Sebab angin dapat mengakibatkan beberapa masalah seperti gording terlepas, penutup atap terbang, kolom kayu terangkat atau bergeser hingga kuda-kuda yang terangkat. Atap yang baik dan berkualitas, akan mampu menerima beban angin yang sama dari segala arah. Idealnya atap berbentuk bulat. Bentuk dan ukuran atap berpengaruh pada besarnya tekanan angin pada atap atau bangunan tersebut. Tekanan angin semakin besar apabila bangunan semakin tinggi. Begitupun sebaliknya, tekanan angin akan lebih ringan jika tinggi bangunan lebih kecil dari setengahnya lebar bangunan. Cara merangkai baja ringan yang baik untuk rangka atap sebaiknya memiliki kemiringan atap 10o-30o agar memberikan beban angin yang rendah. Perlu kekuatan yang baik dan penutup yang sesuai untuk sudut yang lebih besar dari 30o.

Jenis material
Jenis material yang Anda pakai untuk atap rumah tergantung dari selera. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan beberapa prinsip dasar sebuah atap yang berkualitas yaitu harus presisi, cukup ringan, kuat dan tidak over design. Atap yang kuat harus mampu menahan beban yang bekerja pada struktur atap. Beban yang bekerja pada atap ada tiga yaitu beban angin tekan dan angin hisap, beban berat sendiri (penopang rangka, penutup rangka dan bahan rangka), serta beban bergerak lain seperti berat manusia ketika melakukan pemasangan dan perawatan. Maka cara merangkai baja ringan yang baik untuk rangka atap, Anda perlu melakukan pemilihan bahan diimbangi dengan pengetahuan lengkap mengenai karakteristik bahan.

Teknik pengerjaan
Teknik pengerjaan struktur atap juga menjadi salah satu faktor penentu rangka atap kuat dan mampu menahan berbagai kondisi cuaca dan iklim. Cara merangkai baja ringan untuk pengerjaan atap harus dibuat dengan cermat sesuai dengan karakteristik yang ada pada setiap bahan. Penutup atap dari asbes gelombang dan seng perlu diikat pada gording dengan paku minimal 6 paku setiap 1 m2. Kemudian penutup atap genteng perlu diikat dengan kawat tiap lima jalur genteng sedangkan pada genteng yang ada lubangnya dapat Anda pakukan ke reng. Selain itu, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan pada cara merangkai baja ringan yang baik untuk pengerjaan atap yaitu bentang maksimal, teknik sambungannya, cara pemasangan serta keawetan dari material.

Baca juga : Cara Pemasangan Baja Ringan yang Benar dan Wajib Anda Ketahui

Beli atap spandek Ibi Truss

Anda sedang mencari atap berkualitas SNI untuk bangunan yang kokoh dan tahan lama? Ibi truss menyediakan berbagai macam kebutuhan baja ringan Anda dengan kualitas SNI. Mulai dari kanal, reng, atap spandek, atap metal, atap metal berpasir, dan masih banyak lagi. Ada harga menarik menanti Anda. Ibi Truss, roofing material support.

www.000webhost.com